Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Pengertian Printer Fungsi dan Jenisnya

Hai sobat Belajar Office  – Sudah tahu pengertian printer fungsi dan jenis? Seperti yang diketahui, perkembangan teknologi terus mengalami kemajuan yang sangat pesat. Tidak terkecuali dengan dunia perangkat keras yang juga semakin berkembang dibuktikan dari banyaknya perangkat yang dijumpai untuk menunjang aktivitas harian. Salah satu perangkat keras yang sekarang ini lumayan dibutuhkan adalah printer.

Bagi Anda yang bekerja di dunia perkantoran tentu sudah tidak asing dengan perangkat keras yang satu ini. Bicara soal printer, sekarang ini sudah banyak bermunculan printer dengan berbagai ukuran, merek dan jenis. Umumnya masing-masing jenisnya menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Sehingga tidak heran jika harga jualnya di pasaran juga tidaklah sama.

Berikut Pengertian Printer Beserta Fungsinya

A. Pengertian Printer

Meski sering mendengarnya, ternyata masih banyak orang yang bingung ketika diminta untuk mendefinisikan tentang printer. Secara umum, printer sendiri diartikan sebagai alat yang dapat menampilkan teks atau gambar yang semula berasal dari software digital menjadi bentuk cetakan kertas. Istilah printer sendiri berasal dari kata ‘Print’ yang berarti cetakan.

Pengertian Printer Fungsi dan Jenisnya

Pengertian Printer Fungsi dan Jenisnya

Jika dulunya, alat ini hanya digunakan untuk mencetak tulisan atau gambar saja sekarang mulai mengalami perkembangan. Seiring perkembangan teknologi yang lumayan pesat, printer juga bisa digunakan untuk melakukan beberapa fungsi lainnya salah satunya mengirim email. Namun biasanya untuk printer yang multi fungsi ini dijual dengan harga yang lumayan mahal.

Baca juga : TIPS MERAWAT PRINTER SUPAYA AWET

B. Fungsi Printer

Setelah membahas tentang pengertian dari printer, maka Anda perlu mengetahui apa saja fungsi yang dimilikinya. Fungsi printer secara umum yaitu untuk mencetak dan menampilkan data dari komputer kepada pengguna secara langsung. Lalu, apa saja data yang bisa dicetak melalui printer? Beberapa data tersebut yaitu dokumen, surat, arsip, dan beberapa dokumen penting lainnya.

Perlu diketahui, selain bisa mencetak data teks, perangkat keras yang satu ini juga dapat digunakan untuk mencetak gambar dalam ukuran tertentu. Namun biasanya untuk cetak gambar perlu mengatur ukuran dan jenis kertas yang digunakan. Agar hasilnya bagus, maka Anda perlu memilih jenis kertas yang tepat.

C. Mengenal Jenis-Jenis Printer

1 . Printer Dot Matrix

Pembahasan tentang pengertian printer fungsi dan jenisnya memang salah hal yang penting dan menarik untuk dipahami. Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari printer maka selanjutnya kita akan membahas tentang jenis-jenisnya. Untuk jenis printer pertama yaitu Printer Dot Matrix. Mungkin sebagian dari Anda masih cukup asing dengan jenis printer yang satu ini.

Printer Dot Matrix sendiri merupakan salah satu jenis printer yang menggunakan pita sebagai alat cetaknya. Jadi bisa dikatakan printer ini menggunakan pita untuk menampilkan output pada kertas. Untuk hasil cetakan printer jenis ini bisa dikatakan kurang bagus karena lebih kasar. Sekarang ini, printer Dot Matrix sudah sangat jarang digunakan karena cara perawatannya yang lumayan sulit.

2. Printer LaserJet

Selanjutnya jenis printer yang cukup sering digunakan adalah Printer Laser Jet. Sesuai dengan namanya, printer jenis ini menggunakan sistem cetak dengan tinta bubuk atau toner yang memakai perangkat infrared. Jika dibandingkan dengan jenis sebelumnya, hasil cetakan dari printer laser jet ini terbilang bagus.

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh printer jenis ini yaitu dapat mencetak lebih cepat. Selain itu, hasil cetakannya juga lebih cepat kering seperti hasil cetak dari mesin fotokopi. Untuk harganya sendiri terbilang cukup mahal mengingat banyak sekali kelebihan yang dimilikinya.

3. Printer InkJet

Satu lagi jenis printer yang juga cukup populer sekarang ini adalah printer inkjet. Sesuai dengan namanya, printer jenis ini dapat mencetak dokumen dengan menggunakan sistem tinta sebagai bahan untuk mencetaknya. Jika dilihat dari hasil cetakannya, printer ini jauh lebih unggul dibandingkan dengan jenis-jenis sebelumnya. Hanya saja untuk kecepatannya jauh lebih lambat.

Baca juga : TIPS MEMILIH PRINTER UNTUK PEKERJAAN KANTORAN

Selain ketiga jenis printer di atas masih ada jenis lainnya yang bisa Anda jumpai seperti printer label inkjet, printer label, printer thermal dan masih banyak lagi. Perlu diketahui masing-masing jenisnya memiliki spesifikasi dan fungsi yang berbeda-beda. Jadi, pastikan untuk membeli sesuai dengan kebutuhan Anda. Itulah informasi tentang pengertian printer fungsi dan jenisnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.