Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Pengertian VGA pada Komputer, Fungsi dan Jenisnya

Hai sobat Belajar Office – Pengertian VGA pada komputer, fungsi dan jenisnya merupakan pengetahuan-pengetahuan yang banyak dimiliki oleh mereka yang bergelut di bidang teknologi ilmu komputer. Hal ini karena VGA adalah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerjemahkan data grafis untuk ditampilkan monitor . Oleh karena itu, keberadaannya merupakan hal penting untuk tampilan data grafis pada komputer.

Berbagai macam jenis VGA memiliki fungsi dan peranannya masing-masing. Sayangnya, VGA atau  Video Graphics Accelerator ini tidak selalu ada. Oleh karena itu, jika membutuhkan perangkat ini, perlu ditambahkan sebagai pendukung. Untuk mengetahui penjelasan yang lebih lengkap tentang pengertian VGA pada komputer, fungsi dan jenisnya, simak ulasan berikut ini.

Baca juga : Pengertian Input dan Output Device pada Komputer

A. Pengertian VGA pada Komputer

VGA merupakan perangkat keras pendukung sistem operasi komputer yang mampu memproses output berupa visual. Umumnya mengacu pada port, kabel atau sambungan untuk menghubungkan CPU ke monitor ataupun laptop ke LCD proyektor. Selain itu, didukung oleh teknologi prosesor GPU (Graphics Processing Unit) yang memerlukan memori.

Adanya VGA pada suatu komputer akan mampu meningkatkan tampilan grafis menjadi lebih baik. Oleh karena itu, Anda yang menggunakan komputer untuk menggambar, mengedit foto, mengedit video dan desainer bahkan game, harus terpasang VGA dengan spesifikasi yang tinggi. Pada dasarnya VGA ini dapat dikatakan penting tidak penting tergantung dari kebutuhan kegiatan Anda pada komputer.

Pengertian VGA pada komputer

Pengertian VGA pada komputer

B. Fungsi VGA

Secara umum, VGA memiliki fungsi sebagai penerjemah data grafis pada komputer sehingga dapat terlihat pada layar monitor. Selain mampu menerjemahkan, VGA mampu membuat tampilan gambar yang ada pada layar monitor menjadi lebih baik, tajam dan juga jernih. Untuk Anda yang bekerja sebagai desain grafis, keberadaan VGA dengan spesifikasi tinggi membantu dalam pembuatan desain 3D.

Selain mendukung dalam hal pekerjaan, VGA ini juga mampu memanjakan saat Anda bermain game. Hal ini karena mampu mendukung tampilan grafis sehingga menjadi lebih baik. Para pecinta game juga akan dibuat menyenangkan karena detail gambar yang ditampilkan akan semakin sempurna. Tampilan kombinasi grafis yang ditampilkan pada monitor akan lebih baik saat didukung oleh VGA.

C. Jenis-jenis VGA

Berdasarkan bentuk fisiknya

  1. On-Board

VGA jenis ini dipasang bersamaan dengan motherboard, baik pada komputer maupun laptop sehingga tidak lagi ditambahkan dari luar. Kebutuhan memori yang dibutuhkan memanfaatkan penyimpanan yang ada di komputer. Umumnya jenis ini banyak digunakan pada komputer-komputer yang tidak membutuhkan tampilan grafis tinggi dan hanya untuk bekerja sederhana.

  1. Add-On

VGA Add-on atau yang biasa disebut dengan VGA Card merupakan VGA yang terpisah dan perlu ditambahkan pada komputer atau laptop saat membutuhkan tampilan grafis yang lebih detail. Umumnya jenis ini banyak digunakan pada jenis laptop dengan harga yang mahal ataupun khusus untuk gaming dan desain. Kelebihan jenis ini yaitu memiliki sistem pendingin yang terpisah sehingga dapat tahan lebih lama.

Berdasarkan jenis memori

  • Dynamic RAM (DRAM), digunakan pada komputer dengan spesifikasi umum sehingga kecepatannya tidak terlalu cepat namun memiliki pilihan warna yang banyak. Kecepatannya yaitu 80/70 ns. VGA jenis ini dipasangkan pada komputer 8-bit, 16-bit dan 32-bit.
  • EDO RAM, umumnya digunakan pada komputer 64-bit, memiliki kecepatan 60/35 ns. VGA jenis ini terintegrasi pada ATI Mach 64, Diamond Stealth 2000 3D, dan winfast s280.
  • VRAM, memiliki kecepatan 20/10 ns. VGA jenis ini umumnya disematkan pada komputer yang digunakan untuk desain grafis dan gaming.
  • SGRAM, digunakan pada komputer grafis karena untuk akselerator 3D. Memiliki kecepatan kurang dari 10 ns. Umumnya digunakan pada ASUS 3D explore, Diamond Stelath II s220 dan Mystic 3D Matrox.
  • Rambus, umumnya dipasangkan pada mesin video game seperti Sega dan Nintendo. VGA ini dikhususkan pada mesin-mesin video game sehingga produksi jenis ini amat terbatas dibandingkan varian yang lainnya.

Baca juga : Pengertian Motherboard Komputer dan Fungsinya

Pengetahuan mengenai pengertian VGA pada komputer, fungsi dan jenisnya ini merupakan informasi yang harus Anda dapatkan jika ingin menekuni bidang desain dan gaming. Hal ini karena VGA dengan spesifikasi yang tinggi perlu dibutuhkan untuk mendukung hal tersebut.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.