Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Pengertian monitor komputer dan jenis-jenisnya

Hai sobat Belajar Office – Pengertian monitor komputer dan jenis-jenisnya merupakan salah satu pengetahuan dasar yang harus dimiliki sebelum bekerja dengan teknologi ini. Berbicara tentang komputer, setidaknya kita akan melihat empat benda yang selalu terlihat jelas oleh Anda, yaitu monitor, keyboard, mouse dan juga CPU. Keempatnya merupakan satu kesatuan agar suatu monitor dapat digunakan semestinya.

Jika salah satu tidak ada, misalnya monitor pasti seperangkat alat teknologi tersebut akan kesulitan untuk dapat digunakan secara mudah. Hal ini karena sistem operasi komputer merupakan kesatuan antara hardware, software dan brainware sehingga jika salah satu tidak ada, maka akan sulit digunakan. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui secara jelas tentang pengertian monitor dan jenis-jenisnya.

Pengertian Monitor Komputer dan Jenis-jenisnya

A. Pengertian Monitor

Monitor merupakan salah satu bagian dari perangkat keras komputer yang menampilkan data grafis baik berupa teks, gambar, video maupun audio. Data grafis yang ditampilkan tidak hanya berasal dari komputer itu sendiri, namun juga dapat dari DVD, konsol game, VCD ataupun dari sumber yang lainnya.

Peranan monitor begitu penting sehingga tidak dapat dipisahkan. Monitor ini berperan sebagai perangkat output. Untuk menampilkan gambar, memiliki resolusi yang berbeda tergantung dari ukuran dan teknologi monitor yang digunakan. Tidak hanya dapat digunakan untuk bekerja, perangkat ini juga dapat digunakan untuk menonton siaran televisi favorit Anda dengan menyambungkannya dengan antena box.

Pengertian monitor komputer dan jenis-jenisnya

B. Jenis-jenis Monitor Komputer

  1. Monitor CRT (Chatode Ray Tube)

Monitor jenis ini menggunakan teknologi tabung sebagai pemancar sinar. Sinar elektron dipancarkan oleh tabung katode ke titik-titik kecil pada layar sehingga mampu menampilkan teks, gambar ataupun video seperti yang terlihat. Monitor ini merupakan jenis tabung yang saat ini teknologi CRT telah mulai ditinggalkan. Hal ini karena ukurannya yang besar dan berat untuk dipindah-pindahkan.

Selain sulit untuk ditinggalkan, monitor jenis ini juga memiliki tampilan yang tidak terlalu bagus. Jenis ini adalah jenis yang paling tua di antara generasi yang ada saat ini. Monitor ini memiliki konsep sama dengan televisi tabung, namun memiliki harga yang lebih murah.

  1. Monitor LCD (Liquid Crystal Display)

Monitor LCD merupakan salah satu jenis perangkat komputer yang memiliki teknologi yang lebih canggih dibandingkan dengan CRT. LCD mampu menampilkan teks, gambar dan video dengan memanfaatkan media kristal cair. Tidak seperti pendahulunya, LCD tidak lagi menggunakan tabung katode hampa untuk memancarkan sinar guna menampilkan data grafis seperti yang terlihat.

Sinar dipancarkan oleh media kristal cair yang kemudian menghasilkan panel-panel kecil sehingga menampilkan gambar dengan jelas. Tingkat resolusi dan kualitas gambar yang ditampilkan jauh lebih baik dibandingkan dengan CRT.

  1. Monitor LED (Light Emitting Diode)

Monitor ini memakan daya yang lebih sedikit dibandingkan dengan LCD. Selain itu, memiliki bentuk yang lebih tipis dibandingkan dengan monitor LCD. Merupakan pengembangan dari monitor LCD sehingga memiliki tampilan warna yang lebih banyak dan beragam. Teknologinya dirakit dengan memanfaatkan dioda lampu yang mampu memancarkan cahaya.

  1. Monitor PDP (Plasma Display Panel)

Monitor ini memanfaatkan teknologi gas neon atau yang dikenal dengan xenon yang dialiri listrik kemudian akan menciptakan pixel sehingga dapat menampilkan data grafis. Teknologinya merupakan gabungan antara monitor CRT dan LCD, dimana ukuran layar setipis LCD dengan sudut pandang selebar CRT. Tegangan eksternal yang dimasukkan dimanfaatkan untuk melepaskan gas yang ada pada panel.

Adanya gas yang dilepaskan ini akan menghasilkan sinar ultraviolet kemudian memproses warna merah, hijau dan biru. Monitor ini menghasilkan tampilan yang bagus karena sinar tidak lagi diuraikan namun langsung diterjemahkan sebagai gambar. Oleh karena itu, dari segi tampilan monitor ini menghasilkan gambar yang paling baik.

Baca juga: Pengertian Input dan Output Device Komputer Contoh dan Fungsinya

Itulah tadi pengetahuan tentang pengertian monitor komputer dan jenis-jenisnya. Sebelum membeli monitor komputer, kenalilah jenis monitor yang akan Anda beli. Hal ini karena memiliki harga yang berbeda-beda. Monitor plasma merupakan jenis yang paling mahal dibandingkan lainnya karena memang memiliki tampilan paling bagus. Oleh karena itu, sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda sebelum membelinya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.