Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Pengertian Input dan Output Device Komputer Contoh dan Fungsinya

Hai sobat Belajar Office. Mencari pemahaman mengenai pengertian input dan output device komputer contoh dan fungsinya menjadi sesuatu yang sangat bagus mengingat saat ini kita memasuki era digital yakni era yang sangat erat kaitannya dengan teknologi, terutama komputer. Komputer yang ada seperti sekarang ini harus dilengkapi dengan sejumlah komponen agar bisa bekerja sesuai dengan harapan penggunanya.

Komponen sangat beragam, sehingga dalam dunia teknologi dikenal ada dua istilah, yakni input dan output komputer. Apakah itu? Berikut akan dijelaskan pengertian input dan output device komputer contoh dan fungsinya secara singkat. Yuk disimak.

Pembahasan Singkat tentang Pengertian Input dan Output Device Komputer Contoh dan Fungsinya

  • Pengertian Input dan Output Device Komputer

Dimulai dari pengertian input device komputer terlebih dahulu. Secara singkat, input device komputer adalah unit masukan atau perangkat masukan. Tapi, jika hendak dijabarkan lebih jauh lagi, maka input device komputer ialah perangkat masukan yang ada pada unit komputer, dengan cara kerjanya berupa memberi perintah secara langsung untuk menghasilkan informasi digital pada pengguna.

Baca juga : Pengertian Hardware Komputer, Contoh Hardware Dan Fungsinya

Dalam pengertian yang lain, dijelaskan bahwa arti dari input device komputer ialah perangkat yang bisa dipakai untuk memberikan perintah atau data secara langsung pada komputer untuk diproses dan kemudian dikeluarkan dengan hasil akhir berupa informasi yang berguna untuk pengguna.

Input dan Output Device Komputer

Sementara untuk output device komputer sendiri kebalikannya yaitu unit keluaran. Maksudnya adalah perangkat yang akan menampilkan hasil pengolahan data atau perintah yang telah dilakukan oleh CPU. Dalam pengertian yang lain, disebutkan bahwa pengertian output device komputer ialah perangkat komputer yang berguna untuk menyampaikan informasi kepada pengguna komputer.

Dimana informasi yang akan disampaikan ke pengguna diambil oleh input device atau unit masukan dan sudah diterjemahkan oleh teknologi dalam komputer itu sendiri. Karenanya pengguna bisa memahami data tersebut dengan mudah.

Selain itu, output device komputer juga bisa diartikan sebagai perangkat yang dipakai untuk menampilkan output atau keluaran dari suatu proses yang telah dilakukan oleh komputer.

  • Contoh Input dan Output Device Komputer

Setelah memahami apa itu sebenarnya input dan output device komputer, kita bisa lanjut dengan mencari contohnya. Contoh ini cukup banyak dan harus disesuaikan dengan kategorinya. Mulai dari input device komputer, contohnya adalah keyboard, mouse atau pointer, joystick dan scanner atau alat untuk memindai.

  • Keyboard itu adalah alat yang fungsinya untuk memasukkan data baik berupa huruf, angka, simbol atau lain sebagainya. Kemudian untuk mouse ini adalah alat untuk menunjuk yang dilengkapi dengan tombol di kanan dan kirinya. Sedangkan joystick merupakan input device yang biasa digunakan untuk mengoperasikan berbagai obyek dalam suatu game.
  • Adapun scanner, ialah alat untuk menyalin teks ataupun gambar yang kemudian akan disimpan dalam bentuk file. Selain keempat hal tersebut, contoh input device lainnya ialah CD ROM, webcam, flashdisk dan lain-lain.
  • Sementara untuk contoh output device komputer itu sendiri ialah monitor atau layar yang menampilkan berbagai macam data, printer sebagai alat untuk mencetak data, proyektor yang biasa dipakai untuk menampilkan data di depan umum, serta speaker untuk mengeluarkan data berupa suara dan lain-lain.
  • Fungsi Input dan Output Device Komputer

Berbicara mengenai fungsi input dan output device komputer, tentu ini mengacu pada pengertian input dan output device yang telah disebutkan sebelumnya. Namun, jika hendak dijelaskan secara mandiri, input device komputer mempunyai fungsi untuk memberikan masukan atau perintah kepada processor dan memori komputer agar menampilkan data yang diperlukan oleh pengguna.

Tetapi, input device komputer juga berfungsi untuk memasukan data dari luar sistem ke dalam memori serta processor untuk kemudian data tersebut diolah sehingga menjadi informasi yang diperlukan dan mudah dipahami oleh pengguna. Adapun data yang dimasukkan bisa terdiri atas 2 bentuk yaitu signal input dan maintenance input.

Untuk signal input ini adalah data yang dimasukkan dalam sistem, sementara maintenance input ialah program yang dipakai untuk mengolah data yang telah dimasukkan tadi. Jadi, lebih jelasnya, input device selain berfungsi untuk memberikan perintah dan memasukkan data, juga bisa berfungsi memasukkan program.

Baca juga : Pengertian Software Komputer Contoh Software dan Fungsinya

Sementara untuk fungsi output device komputer, seperti yang telah dijelaskan dalam pengertian di atas yaitu untuk menampilkan berbagai data yang diinginkan oleh pengguna dan yang telah diproses oleh processor. Jadi, output device komputer di sini lebih berperan untuk menghadirkan informasi kepada pengguna.

Karena fungsi yang sangat vital tersebut, baik input device komputer maupun output device komputer ini tidak dapat dipisahkan. Begitulah informasi mengenai pengertian input dan output device komputer contoh dan fungsinya. Anda pun dapat mencari informasi lain terkait input dan output device komputer tersebut untuk menambah pengetahuan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.