Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Pengertian Input dan Output Device pada Komputer

Hai sobat Belajar Office – Pengertian input dan output device pada komputer sering disingkat dengan lambang I/O. Baik perangkat input dan output, keduanya didominasi oleh perangkat keras. Untuk dapat berjalan dengan baik, komputer harus dilengkapi dengan kedua bagian tersebut. Jika salah satunya tidak terpenuhi, maka komputer tidak dapat berjalan dengan baik. Setiap perangkat yang bertugas pada sistem operasi ini memiliki fungsinya masing-masing.

Banyak sekali perangkat yang termasuk dalam kategori input maupun output. Sebelum mengetahui berbagai jenis perangkat tersebut, ketahui terlebih dahulu tentang pengertian kedua kelompok tersebut.

  • Pengertian input dan output device pada komputer

Input atau masukan merupakan unit atau perangkat luar yang dipasangkan dengan komputer. Perangkat ini mampu mentransfer data dari luar untuk dimasukkan ke dalam mikroprosesor yang kemudian diterjemahkan menjadi informasi yang dapat terlihat. Selain itu,input device juga mendukung pengoperasian jalannya komputer. Cara kerjanya yaitu dengan memberikan perintah secara langsung untuk mengolah data digital.

Pengertian input dan output device pada komputer

Pengertian input dan output device pada komputer

Output atau keluaran merupakan bagian dari perangkat komputer yang mampu menampilkan data grafis, baik berupa teks, gambar dan video. Selain itu, informasi yang berbentuk teks dan gambar juga dapat dicetak dalam bentuk lembaran. Informasi yang ditampilkan, baik pada layar monitor, laptop maupun LCD proyektor merupakan hasil dari pemrosesan data yang dimasukkan oleh perangkat input.

A. Jenis input komputer

  1. Keyboard

Baik pada komputer maupun laptop, keyboard digunakan untuk memasukkan perintah, berupa teks. Berbagai jenis teks yang dapat dimasukkan yaitu huruf, angka dan juga simbol. Jenis input ini merupakan salah satu perangkat yang penting agar perintah dapat dimasukkan dalam komputer. Komputer tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya keberadaan keyboard ini.

  1. Mouse

Untuk dapat menggerakkan kursor dengan mudah pada komputer, maka diperlukan mouse. Pada umumnya, mouse ini dilengkapi dengan tombol klik kanan dan kiri. Tombol kiri digunakan untuk memberikan perintah secara langsung. Sedangkan untuk klik kanan akan menampilkan menu khusus yang kemudian dapat dipilh dengan menggunakan klik kiri. Untuk dapat memonitor kursor, Anda dapat melihatnya di monitor.

  1. Scanner

Jenis input komputer berikutnya yaitu scanner. Perangkat keras ini berfungsi untuk menyalin sebuah informasi baik berupa gambar maupun teks pada layar monitor kemudian dapat disimpan dalam bentuk data grafis. Selain dapat disimpan pada layar monitor, scanner juga dapat digunakan untuk menyalin langsung kemudian mencetaknya tanpa harus diberikan perintah melalui monitor.

B. Jenis output komputer

  1. Printer

Printer merupakan jenis output komputer yang digunakan untuk mencetak informasi berupa teks dan gambar. Informasi yang dicetak ini dapat berwarna-warni, namun juga dapat diatur menjadi hanya hitam putih saja. Teknologi mesin printer saat ini tidak hanya printer sja, namun juga dikombinasikan dengan mesin scan.

  1. Monitor

Jenis output komputer berikutnya yaitu layar monitor. Perangkat ini merupakan perangkat terpenting pada sistem komputer. Hal ini karena jenis perangkat inilah yang menampilkan berbagai informasi yang telah diproses. Informasi yang ditampilkan berupa informasi yang berbentuk digital seperti teks, gambar maupun video. Tanpa adanya monitor, maka sistem komputer tidak dapat berjalan dengan semestinya.

  1. Proyektor

Proyektor umumnya digunakan untuk mendukung kegiatan presentasi, baik pada bidang industri maupun pendidikan. Perangkat input jenis ini berupa benda optik yang mampu menampilkan gambar pada benda yang mampu menangkap pantulan cahaya, misalnya layar proyektor. Berbagai jenis proyektor yang digunakan antara lain LCD proyektor, proyektor untuk film, overhead dan slide.

  1. Speaker

Speaker tidak hanya dipasangkan pada televisi maupun tape saja, namun sistem operasi komputer juga memerlukannya. Alat ini merupakan jenis alat output yang menghasilkan audio atau suara dari komputer.  Fungsi speaker hampir sama dengan earphone, keduanya mampu menerjemahkan data grafis menjadi sebuah suara. Namun, jika speaker dapat didengar oleh banyak orang sedangkan earphone tidak.

Baca juga : Pengertian Processor Komputer dan Jenisnya

Informasi tentang pengertian input dan output device pada komputer beserta jenis-jenisnya merupakan pengetahuan dasar di bidang komputer. Baik perangkat input maupun output, keduanya harus selalu ada agar sistem operasi komputer dapat berjalan dengan optimal.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.