Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Pengertian Processor Komputer dan Jenisnya

Halo sobat Belajar Office – Bagi Anda yang bergerak di bidang teknologi informasi atau biasa disingkat IT, tentu sudah tidak asing dengan istilah processor. Lalu, bagaimana pengertian processor komputer dan jenisnya sebenarnya? Sebagian orang mungkin cukup sering mendengar istilah yang satu ini namun masih belum mengerti banyak tentang makna dari kata processor itu sendiri.

Secara umum, processor diartikan sebagai otak komputer dan berfungsi sebagai pusat pengendalian. Sistem kerjanya sendiri biasanya didukung dengan komponen-komponen tertentu seperti mainboard, memory dan komponen lainnya. Karena fungsinya yang merupakan pusat pengendalian komputer, processor memiliki peran yang sangat vital pada komputer. Untuk mengetahui jenisnya simak ulasan berikut.

Mengenal Pengertian Processor Komputer dan Jenisnya

A. Apa itu Processor?

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, processor merupakan salah satu komponen penting yang terdapat dalam sebuah komputer. Fungsi utama komponen ini sendiri adalah untuk memproses data dan juga mengontrol sistem yang ada pada komputer. Beberapa orang sering menyebut komponen processor ini sebagai otak dari komputer.

Pengertian Processor Komputer dan Jenisnya

Pengertian Processor Komputer dan Jenisnya

Jadi, singkatnya processor bekerja untuk melakukan perhitungan dan bertugas untuk menjalankan perintah-perintah yang diminta oleh pengguna komputer itu sendiri. Layaknya sebuah mesin, untuk menunjang kinerja dari processor ini, dibutuhkan komponen-komponen lain untuk membantu proses kerjanya. Beberapa komponen yang dimaksud di sini seperti memory, mainboard dan masih banyak lagi.

B. Fungsi Processor

Sebelum melanjutkan pembahasan tentang pengertian processor komputer dan jenisnya secara lebih mendalam, maka penting sekali memahami fungsi dari komponen yang satu ini. Secara umum, ada beberapa fungsi yang dimiliki komponen processor pada komputer. Berikut ini akan disajikan beberapa ulasan tentang fungsi dari processor itu sendiri. Di antaranya yaitu:

  • Sebagai control unit yang mana bertugas untuk mengendalikan dan mengatur komponen lainnya dalam komputer.
  • Sebagai Arithmetic and Logical Unit (ALU) yang mana bertugas untuk menjalankan program software secara sempurna
  • Sebagai registry atau tempat untuk mengentri data-data yang akan diproses sebelum data tersebut masuk ke bagian memori utama

Baca juga : Pengertian Hardware Komputer, Contoh Hardware Dan Fungsinya

C. Ketahui Jenis-Jenis Processor pada Komputer

Tahukah Anda bahwa sistem komputer modern yang sudah ada sekarang ini ternyata tidak hanya menggunakan satu jenis processor saja. Langsung saja berikut ini beberapa jenis processor komputer yang banyak dijumpai di pasaran, di antaranya yaitu:

1 . Processor Intel

Sebagian besar dari kita tentu sudah tidak asing dengan salah satu jenis processor yang satu ini, bukan? Jika dibandingkan dengan jenis lainnya, memang processor jenis ini lebih banyak digunakan untuk komputer atau laptop keluaran terbaru. Bahkan saat ini perusahaan Intel telah merajai processor yang ada di dunia komputer.

2. Processor AMD

Tidak kalah populer dengan processor sebelumnya, AMD memang juga tengah populer di kalangan industri perkomputeran saat ini. Bahkan sekarang AMD telah menjadi salah satu kompetitor yang sangat nyata untuk processor intel. AMD sendiri merupakan sebuah perusahaan semikonduktor multinasional yang berada di Amerika Serikat.

3. Processor Apple

Brand yang ketiga ini rasanya juga tidak asing lagi di kalangan masyarakat dunia. Perusahaan Apple sendiri memfokuskan diri dalam bidang perencanaan, pengembangan dan juga penjualan berbagai produk elektronik. Produk yang dimaksud tersebut mulai dari komputer pribadi hingga perangkat lunak dalam komputer.

4. Processor Cyrix VIA

Untuk processor yang satu ini memang sudah lama dibandingkan dengan para kompetitor lainnya. Namun, meski begitu Cyrix juga memiliki beberapa produk processor yang berhasil mereka kembangkan hingga sekarang. Cyrix merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam pengembangan mikroprosesor yang berdiri sejak tahun 1988.

5. Processor IBM

IBM atau International Business Machines Corporation adalah sebuah perusahaan yang bisa dikatakan terbesar di Amerika Serikat. Perusahaan ini sendiri bergerak dalam bidak elektronik yang mana memproduksi dan menjual berbagai macam produk mulai dari perangkat lunak hingga perangkat keras komputer.

Selain jenis-jenis processor yang sudah disebutkan di atas, masih ada processor IDT dan Transmeta yang tidak kalah populer. Akan tetapi untuk kedua jenis perusahaan tersebut memiliki ruang yang lebih kecil dibandingkan dengan para pesaing  yang sudah disebutkan di atas.

Baca juga: Pengertian dan Perbedaan RAM dengan Hard Disk

Nah, itulah informasi seputar pengertian processor komputer dan jenisnya. Semoga informasi di atas semakin membuka wawasan kita semua terkait masalah processor yang ada dalam komputer.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.