Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Pengertian Motherboard Komputer dan Fungsinya

Halo sobat Belajar Office – Apa itu motherboard? Nah untuk mengetahui lebih jauh tentang pengertian motherboard komputer dan fungsinya, pastikan untuk menyimak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini. Papan induk atau biasa dikenal istilah motherboard merupakan sebuah papan sirkuit yang digunakan sebagai tempat untuk berbagai komponen elektronik.

Sekarang ini motherboard yang banyak dijumpai ialah motherboard PC yang mana pertama kali dibuat agar bisa menyesuaikan dengan spesifikasi PC. Untuk bentuknya sendiri hampir seperti sirkuit elektronik yang tidak terlalu besar. Dengan adanya komponen motherboard akan membuat peralatan komputer saling bekerja sama sehingga dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Berikut Pengertian Motherboard Komputer dan Fungsinya

A. Pengertian Motherboard

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, motherboard merupakan sebuah sirkuit yang dipakai sebagai tempat berbagai komponen elektronik yang saling terhubung satu sama lain. Sedangkan untuk pengertian lain, motherboard juga diartikan sebagai papan utama yang berupa PCB memiliki chips bios atau program penggerak untuk menghubungkan akses ke masing-masing perangkat.

Nantinya dalam sistem komputer, peripheral-peripheral akan saling berhubungan atau terkoneksi dalam sebuah motherboard. Selanjutnya motherboard akan meneruskan instruksi melalui jalur-jalur yang ada pada board. Lalu, apa fungsi utama motherboard dalam sebuah laptop atau komputer? Nah, untuk mengetahui fungsinya simak ulasan selanjutnya berikut.

Pengertian Motherboard Komputer dan Fungsinya

Pengertian Motherboard Komputer dan Fungsinya

B. Fungsi Motherboard

Mungkin sebagian dari Anda masih bertanya-tanya tentang apa fungsi dari motherboard itu sendiri. Secara umum, fungsi motherboard yaitu sebagai pusat untuk menghubungkan antara perangkat keras satu dengan perangkat keras lainnya. Jadi, bisa diartikan bahwa motherboard memiliki tugas untuk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keran untuk dikoneksikan.

Misalnya saja, motherboard yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa perangkat keras dalam komputer seperti Processor, RAM, Hardisk, Power Supply dan masih banyak lagi. Dengan fungsinya yang sangat banyak tersebut, tidak heran jika motherboard menjadi salah satu komponen yang bisa dikatakan vital dalam sebuah komputer.

C. Berbagai Komponen Penting dalam Motherboard Komputer

1 . Konektor Power

Setelah memahami tentang pengertian motherboard komputer dan fungsinya  maka selanjutnya kita perlu membahas tentang komponen yang terdapat dalam motherboard itu sendiri. Salah satu komponen yang yang terdapat dalam sebuah motherboard adalah konektor power. Komponen ini merupakan sebuah pin yang berfungsi untuk menyambungkan motherboard dengan power supply yang terdapat pada komputer.

2. Slot Processor

Seperti yang diketahui terdapat beberapa tipe colokan untuk menancapkan processor. Model yang paling umum dan sering dijumpai adalah ZIF atau Zero Insertion Force yang mana sangat kompatibel untuk jenis processor buatan Intel, AMD dan Cyrix.

Selain itu juga ada Socket 370 yang hampir sama dengan Socket 7 tetapi jumlah punya lebih banyak yaitu 370 biji. Untuk jenis Socket yang kedua ini sangat cocok untuk processor buatan Intel.

3. Chipset

Sesuai dengan namanya, komponen motherboard yang satu ini memiliki peran yang terbilang cukup penting. Perangkat chipset sendiri pada dasarnya berfungsi untuk menjembatani data yang menghubungkan processor dengan berbagai komponen eksternal dan juga buses. Umumnya, jenis chipset inilah yang menjadi patokan untuk menilai dan mengukur kemampuan sebuah motherboard.

4. Socket Memori

Dalam sebuah motherboard terdapat dua tipe socket memori atau RAM yang banyak beredar dalam komputer sekarang ini. Memang ada socket tipe terbaru namun sampai saat ini masih belum ada pengguna yang menggunakannya. Salah satu socket lama yang terbilang masih sangat populer sampai saat ini adalah SIMM. Untuk jenis socket SIMM ini terdiri dari 72 pin modul.

5. Konektor Floppy dan IDE

Komponen selanjutnya dalam motherboard yang tidak boleh ketinggalan adalah konektor floppy dan IDE. Untuk komponen yang satu ini berfungsi untuk menghubungkan motherboard dengan media penyimpanan seperti floppy disk dan hardisk. Umumnya untuk bagian dalam konektor IDE ini terbagi menjadi dua bagian yakni primary IDE dan secondary IDE.

Selain beberapa komponen yang sudah disebutkan di atas, masih ada komponen motherboard lainnya yang memiliki fungsi masing-masing. Beberapa di antaranya seperti BIOS Chip, Baterai CMOS, Slot PCI, SLOT AGP, konektor penghubung dan masih banyak lagi.

Baca juga : Pengertian Hardware Komputer, Contoh Hardware Dan Fungsinya

Nah, itulah ulasan lengkap tentang pengertian motherboard komputer dan fungsinya,. Setelah mengetahui beberapa penjelasan di atas tentu Anda sudah tidak bingung lagi terkait pengertian dan juga fungsi dari motherboard. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.