Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Pengertian Driver Komputer, Fungsi dan Contohnya

Halo sobat Belajar Office –  Pada artikel ini akan dibahas Pengertian Driver Komputer, Fungsi dan Contohnya. Personal computer ataupun laptop saat merupakan bagian terpenting dalam suatu pekerjaan. Hampir semua aspek pekerjaan menggunakan bantuan kedua. Baik komputer maupun laptop, keduanya memiliki komponen penting yang disebut software  dan hardware. Komputer tidak dapat berjalan tanpa adanya kedua komponen ini. Namun, kedua komponen ini tidak dapat digunakan tanpa adanya driver.

Driver komputer merupakan komponen penting lainnya yang harus digunakan agar perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) dapat digunakan secara bersamaan. Nah berikut merupakan pengertian driver komputer, fungsi dan contohnya agar Anda memahami apa itu driver.

A. Pengertian Driver

Driver merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan untuk menghubungkan antara perangkat lunak dan perangkat keras agar bisa digunakan. Driver komputer ini umumnya berupa suatu perangkat lunak. Driver ini berupa petunjuk yang digunakan seperti buku petunjuk penggunaan alat, namun berupa digital. Seperti halnya otak manusia, otak komputer harus dapat mengenali perangkat keras yang dihubungkan.

Oleh karena itu, perlu dilakukan instalisasi driver pada komputer atau laptop agar perangkat keras yang disambungkan dapat digunakan. Meskipun perlu dilakukan instalisasi secara manual, ada beberapa driver yang telah dipasangkan dan merupakan bawaan pada komputer. Misalnya driver mouse ataupun keyboard. Kedua driver dari perangkat keras tersebut telah disertakan ke dalam sistem operasinya.

Pengertian Driver Komputer, Fungsi dan Contohnya

Pengertian Driver Komputer, Fungsi dan Contohnya

B. Fungsi Driver

Driver komputer memastikan bahwa perangkat keras yang dihubungkan dengan komputer ataupun laptop, dapat berinteraksi dengan sistem operasi dan aplikasi. Driver berguna untuk menerjemahkan bahasa komunikasi dari perangkat keras yang dihubungkan pada komputer dengan sistem operasi dan aplikasi yang telah diinstal. Berikut beberapa fungsi driver yang perlu Anda tahu:

  1. Driver berfungsi untuk menghubungkan antara perangkat keras dengan perangkat lunak.
  2. Driver berfungsi sebagai penerjemah. Driver bertindak menerjemahkan perangkat keras yang dihubungkan dengan komputer agar dapat diterima oleh sistem operasi atau aplikasi. Sehingga, dapat digunakan dengan semestinya.
  3. Sebagai penyedia Application Programming Interface (API). Sebagai penyedia API, driver membantu mempermudah seorang programmer dalam mengembangkan sebuah aplikasi pada komputer.

Baca juga: Pengertian Software Komputer Contoh Software dan Fungsinya

C. Contoh Driver

Pada dasarnya, driver ini sudah ada yang telah disertakan pada sistem operasi komputer. Sehingga, ada beberapa perangkat keras yang umum tidak perlu dilakukan penginstalan driver. Driver yang telah disertakan pada sistem operasi antara lain driver untuk keyboard, mouse, flashdisk, dan lain sebagainya.

Selain ada beberapa driver yang telah disertakan pada sistem operasi, ada pula driver yang perlu kita instal sendiri. Misalnya ketika kita membutuhkan printer untuk mencetak suatu dokumen. Printer ini tidak dapat langsung dikenali suatu sistem operasi pada komputer ataupun laptop kita. Oleh karena itu, perlu dilakukan instalisasi driver terlebih dahulu agar printer dikenali oleh komputer atau laptop agar dapat digunakan.

Tidak hanya printer, namun webcam, fingerprint scanner, merupakan contoh perangkat keras lainnya yang membutuhkan driver. Sehingga, perangkat keras tersebut dapat digunakan pada komputer atau laptop Anda. Setelah mengetahui pengertian driver komputer, fungsi dan contohnya, berikut beberapa contoh software installer driver yang dapat Anda gunakan.

  1. DriverPack Solution

DriverPack Solution merupakan software yang digunakan untuk menginstal driver secara otomatis. Software ini memiliki cara kerja yang cukup signifikan. Ketika Anda selesai melakukan instalisasi software ini, maka software tersebut akan membantu menganalisa dan memberikan pilihan driver apa saja yang terbaik yang dibutuhkan komputer Anda.

  1. DriverMax

DriverMax merupakan software untuk mengintal driver yang paling sederhana dan mudah. Hal ini karena Anda tidak perlu memilih driver mana yang perlu mencari satu persatu driver mana yang perlu diinstal, namun secara otomatis DriverMax akan menginstalnya.

  1. Driver Booster

Software yang digunakan untuk menginstal driver secara otomatis berikutnya yaitu Driver Booster. Selain dapat menginstal driver secara otomatis, software ini juga dapat mengaupdate driver dan meningkatkan performa perangkat keras komputer Anda. Driver yang dilakukan update secara otomatis driver lama akan diuninstal dan digantikan yang baru.

Baca juga: Pengertian OS Komputer Sejarah Perkembangan dan Fungsinya

Itulah tadi pengertian driver komputer, fungsi dan contohnya serta software yang digunakan untuk menginstal driver secara otomatis. Sebaiknya pilihlah aplikasi-aplikasi yang memang benar-benar dibutuhkan, sehingga tidak memberatkan laptop Anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.