Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Pengertian dan Perbedaan RAM dengan Hard Disk

Hai sobat Belajar Office – Pengertian dan Perbedaan RAM dengan Hard Disk masih sering membuat beberapa pengguna komputer bingung, terutama bagi pemula. Komponen memori dan penyimpanan data tersebut memang secara umum sama-sama untuk menyimpan data, tetapi cara kerjanya berbeda. Selain itu, masih banyak sekali perbedaan lainnya dari RAM dan Hard Disk yang akan dibawah lebih detail pada penjelasan di bawah ini.

A. Pengertian RAM dan Hard disk

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory yang merupakan salah satu perangkat keras atau hardware di dalam komputer. Fungsi utama dari RAM adalah sebagai media penyimpanan sementara, bukan permanen dan berbagai macam instruksi program. Isi atau data yang tersimpan pada RAM juga acak atau tidak beraturan dan tidak tergantung dengan pengaturan tata letak.

Kapasitas dari penyimpanan dan instruksi sebuah RAM di dalam komputer tergantung dari kecepatan proses data atau loading datanya. Dengan kata lain, semakin besar RAM komputer maka semakin cepat proses penyimpanan data, membuka dan menjalankan program. Namun, karena merupakan penyimpanan sementara, jika komputer mati atau aliran listrik ke power supply dicabut, maka data akan hilang.

Baca juga : Pengertian Input dan Output Device Komputer Contoh dan Fungsinya

Pengertian dan Perbedaan RAM dengan Hard Disk

Pengertian dan Perbedaan RAM dengan Hard Disk

Sedangkan Harddisk merupakan media penyimpanan lanjutan yang bersifat permanen. Setiap data atau file yang sudah disimpan pada Hard Disk tidak akan hilang meski komputer mati secara tiba-tiba. Dengan kata lain, Hard Disk adalah penyimpanan aman untuk menghindari kehilangan data, jadi saat menjalankan program jangan lupa untuk menyimpannya.

B. Fungsi RAM

Sedangkan beberapa fungsi atau manfaat dari RAM (Random Access Memory) adalah sebagai berikut:

  • Sebagai Penyimpanan Data Sementara

Sebenarnya, data pada komputer akan disimpan secara permanen dalam sebuah Hard Disk. Namun, sebelum itu akan disimpan sementara terlebih dahulu saat program komputer sedang berjalan. Nah, media penyimpanan sementara itu adalah RAM atau Random Access Memory. Namun, penyimpanan secara permanen juga diperlukan untuk menghindari kehilangan data saat komputer mati secara tiba-tiba.

  • Dapat Membaca Data

RAM juga berperan dalam proses membaca dan membuka data atau informasi yang disimpan pada hard disk. RAM inilah yang membuat proses membaca dan membuka data menjadi lebih cepat. Contohnya bisa dibandingkan saat membuka program pertama kali pasti loading nya lebih lambat. Sedangkan saat membuka program untuk kedua kalinya bisa lebih cepat karena RAM sudah menyimpan data sementara.

RAM pada komputer itu sendiri memiliki berbagai macam jenis atau tipe dengan fungsi dan kelebihan yang berbeda-beda, antara lain:

  1. D-RAM (Dynamic RAM) : RAM yang disegarkan/refresh CPU secara berkala agar data tidak hilang
  2. SD-RAM (Synchronous Dynamic RAM) : merupakan lanjutan dari D-RAM dengan tambahan sinkronisasi oleh clock system
  3. DDR-RAM (Double Rate RAM) : RAM dengan teknologi lanjutan dari SD-RAM, juga memiliki generasi terbaru yaitu DDR2 dan DDR3
  4. RDR-RAM (Rambus Dynamic RAM) : RAM yang memiliki kinerja lebih cepat dan lebih mahal dari S-RAM
  5. S-RAM (Static RAM) : memungkinkan penyimpanan data lebih cepat tanpa harus ada penyegaran/refresh data
  6. EDO-RAM (Extended Data Out RAM) : digunakan pada perangkat OS Pentium yang dapat menyimpan dan mengambil data secara bersamaan

C. Inilah Perbedaan RAM dan Hardisk

Selanjutnya akan dibahas lebih lengkap dari pengertian ram dan hardisk dan perbedaannya juga, simak poin-poin di bawah ini:

  1. Bentuk Fisik

Bentuk fisik dari RAM dan Hard disk sangat berbeda, RAM memiliki bentuk persegi panjang dan ada beberapa chip yang menempel. Sedangkan Hard disk bentuknya seperti balok dan ukurannya lebih besar.

  1. Sifat Penyimpanan Data

RAM fungsinya untuk menyimpan data secara temporer atau sementara selama komputer hidup, setelah dimatikan data akan terhapus. Sedangkan Hard Disk menyimpan data secara permanen dan tidak akan hilang kecuali dihapus.

  1. Komponen Penyimpanan Data

Chip yang menempel pada RAM merupakan komponen yang berfungsi untuk menyimpan data. Namun, penyimpanannya hanya sementara, oleh sebab itu kapasitasnya tidak besar yaitu hanya berkisar antara 1 hingga 32 GB. Sedangkan Hard Disk berfungsi menyimpan data permanen dan memiliki komponen berbentuk cakram dari logam.

Baca juga : Pengertian Software Komputer Contoh Software dan Fungsinya

Nah, itulah penjelasan secara umum yang membahas tentang Pengertian dan Perbedaan RAM dengan Hard Disk. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.