Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Contoh Surat Keterangan Cuti Melahirkan Rumah Sakit

Halo sobat Belajar Office – Contoh Surat Keterangan Cuti Melahirkan merupakan salah satu jenis cuti bagi karyawati di sebuah perusahaan. Cuti tersebut merupakan cuti tambahan dari jumlah cuti tahunan bagi karyawan wanita. Namun, peraturan dan persyaratan mengenai cuti karyawan juga tergantung dari kebijakan perusahaan masing-masing. Nah, biasanya wanita memiliki kemungkinan cuti lebih banyak seperti cuti menikah, hamil dan melahirkan.

Melahirkan memang membutuhkan waktu yang cukup lama karena butuh persiapan juga sebelumnya dan waktu pemulihan sesudah melahirkan. Cuti melahirkan durasinya lebih lama jika dibandingkan cuti lainnya seperti cuti menikah yang hanya beberapa hari. Menurut UU No. 13 tahun 2003 ketenagakerjaan (UUK), pekerja wanita berhak mendapatkan istirahat 1,5 bulan sebelum dan 1,5 sesudah melahirkan.

Baca juga: Contoh Surat Permohonan Cuti Menikah

Contoh Surat Keterangan Cuti Melahirkan

Contoh Surat Keterangan Cuti Melahirkan

Cuti melahirkan umumnya harus diberikan 1 hingga 3 bulan sebelum masa melahirkan sehingga harus diperhitungkan dan dipersiapkan dengan baik. Berikut ini bagian-bagian dari surat cuti melahirkan, antara lain:

  • Kop Surat

Kop surat dalam hal ini tergantung dari instansi kesehatan yang memberikan surat keterangan pengajuan cuti. Biasanya akan diberikan oleh Dokter ketika Anda memeriksa kondisi kehamilan menjelang melahirkan.

  • Tanggal dan Nomor Surat

Seperti surat pada umumnya, perlu dicantumkan tanggal dan nomor surat. Nomor surat merupakan bukti bahwa telah diketahui oleh instansi di perusahaan dan bukan bersifat pribadi.

  • Tanda Tangan Otorisasi

Surat permohonan cuti juga perlu ditandatangani oleh instansi pembuat surat. Dalam hal ini yaitu kepala perusahaan atau kepala departemen pembuatan surat.

  • Informasi Pemohon

Mengenai informasi pemohon bisa dicantumkan secara lengkap mengenai nama lengkap pemohon, NIP (jika PNS), umur, pekerjaan/jabatan, unit kerja, dan alamat.

  • Informasi Periode Cuti

Kemudian disampaikan pula mengenai periode cuti dengan detail tanggal pengambilan mulai cuti hingga akhir cuti. Kemudian dilampirkan juga pengantar dari tenaga kesehatan (Dokter, dll.) yang berisi informasi tentang kondisi si ibu dan perkiraan waktu melahirkan

Inilah Contoh Surat Cuti Melahirkan

Surat permohonan cuti pada dasarnya memang sama saja, namun biasanya tiap instansi memiliki aturan yang berbeda-beda. Surat permohonan cuti melahirkan untuk karyawan swasta, PNS dan karyawan honorer tentu memiliki gaya bahasa yang berbeda. Namun, struktur dan bagian-bagian suratnya kurang lebih sama dan harus dilampirkan pula surat pengantar keterangan kondisi kehamilan dari Dokter.

Berikut ini salah satu contoh surat permohonan cuti melahirkan dari Dokter atau tenaga kesehatan yang bisa digunakan:

KEMENTERIAN KESEHATAN RI

DIREKTORAT JENDERAL PELAYANAN KESEHATAN

RUMAH SAKIT UMUM DR. HARYOTO

Jl. Achmad Yani No. 27 Sukolilo, Surabaya

Telp. 031-4326456 Fax. 031-579273 SURABAYA 67352

SURAT KETERANGAN CUTI BERSALIN

Nomor: 153/RSUDRH/03/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Dokter pada poliklinik / ruang perawatan pada unit pelaksanaan fungsional kebidanan dan penyakit kandungan di Rumah Sakit Umum Dr. Haryoto, yaitu:

Nama                          : dr. Anindita Dwi Suherman, Sp.OG

NIP                              : 22378769832

Jabatan                       : Dokter spesialis kandungan

Unit Kerja                   : Rumah Sakit Umum Dr. Haryoto

Berdasarkan pemeriksaan, menerangkan bahwa:

Nama                          : Amalia Putri Cahyaning Tyas

Umur                           : 25 tahun

Pekerjaan                    : karyawan swasta

Alamat : Jl. Pelita Harapan II No. 15 A, Sukolilo, Surabaya

Sehubungan dengan kehamilan pasien dan berdasarkan ketentuan peraturan yang berlaku serta sesuai dengan surat edaran yang berlaku dari Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara Nomor : 01 / SE / 1997 tanggal 25 September 1997, maka kepada pasien yang bersangkutan perlu diberikan cuti hamil dan bersalin.

Cuti terhitung sejak tanggal 20 Agustus 2019 sampai dengan 3 (tiga) bulan setelah persalinannya yaitu 20 November 2019. Hal ini sehubungan dengan hasil pemeriksaan yang menyatakan yang bersangkutan diperkirakan akan melahirkan tanggal 5 Oktober 2019. Adapun selama cuti melahirkan yang bersangkutan berada dan tinggal di kediamannya di Jl. Pelita Harapan II No. 15 A, Sukolilo, Surabaya.

Demikian surat permohonan ini dibuat dengan sebenar-benarnya, mohon untuk dimaklumi dan digunakan semestinya.

Surabaya, 1 Agustus 2019

Dokter pemeriksa,

Rumah Sakit Umum Dr. Haryoto

Anindita Dwi Suherman, Sp.OG

NIP. 22378769832

Contoh file dalam bentuk ms word bisa didownload pada link dibawah ini:

Contoh Surat Keterangan Cuti Melahirkan Rumah Sakit

Nah, itulah contoh surat permohonan cuti melahirkan yang bisa dijadikan referensi. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.