Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Pengertian Sound Card Komputer dan Fungsinya

Hai sobat Belajar Office  –  Apa sebenarnya pengertian sound card komputer dan fungsinya? Bagi orang awam pasti banyak yang menanyakan hal tersebut. Hal ini bukan tanpa alasan karena sebelumnya tidak semua komputer memilikinya. Namun, saat ini hampir semua selalu dipasang perangkat keras tersebut.

Keberadaan sound card sebagai perangkat keras saat ini begitu penting. Bagaimana tidak, keberadaannya bisa membuat komputer mampu mengeluarkan suara. Apabila suatu komputer tidak dilengkapi dengan perangkat keras ini pasti menjadi lebih aneh. Supaya lebih tahu mengenai sound card, simak pengertian dan fungsinya di bawah ini.

Pengertian Sound Card Komputer dan Fungsinya

A. Pengertian Sound Card

Sound Card merupakan perangkat keras (hardware) yang memiliki fungsi utama sebagai pengelola data audio/suara. Data audio/suara tersebut akan muncul melalui speaker atau headset yang terhubung ke PC/laptop. Apabila PC/laptop yang digunakan tidak dapat mengeluarkan suara, maka bisa jadi terdapat masalah pada hardware ini. Selain itu, pengguna juga bisa mengecek software dari pada sound card.

Pada sebuah komputer, sound card terhubung melalui slot ISA atau PCI yang ada pada motherboard. Seiring perkembangan teknologi, saat ini sound card telah dilengkapi dengan slot USB yang disebut dengan sound card external.

Pada umumnya sound card memiliki 4 bagian utama. Semua bagian tersebut berguna untuk menunjang fungsi dari pada sound card itu sendiri. Keempat bagian tersebut adalah:

  • Interface yakni bagian yang terhubung secara langsung dengan motherboard. Bagian ini biasanya menggunakan PCI atau peripheral component interconnect
  • Konektor input dan output agar pengguna dapat memasang speaker, head set maupun mikrofon
  • DAC atau digital to analog converter yakni bagian yang berperan dalam mengkonversi data digital ke suara analog
  • ADC atau analog to digital converter yakni kebalikan dari DAC. Bagian ini berfungsi untuk membuat data berupa rekaman digital dari suara analog
Pengertian Sound Card Komputer dan Fungsinya

Pengertian Sound Card Komputer dan Fungsinya

B. Fungsi Sound Card

Saat ini semua komputer pasti dilengkapi dengan perangkat keras yang bernama sound card. Fungsi dasar dari sound card adalah mengkonversi file audio yang berisikan file menjadi analog sehingga bisa ditangkap oleh telinga. Berikut ini beberapa fungsi lainnya:

  • Sebagai synthesizer atau penghasil suara
  • Sebagai MIDI interface
  • Sound card pada sebuah komputer memiliki fungsi sebagai pengkonversi sinyal analog dan digital menjadi bentuk gelombang sonic
  • Sebagai alat yang dapat membantu sebuah proses audio/suara pada komputer
  • Dapat meningkatkan kualitas input dan output audio/suara seperti kualitas suara pada home theater, audio surround HD dan audio pada bioskop
  • Dapat membantu menambahkan fitur pengelola suara pada sebuah komputer seperti bass booster, 3D sound, live sound, theater sound dan berbagai fitur lainnya
  • Membantu mengatur besar kecilnya volume suara yang dihasilkan dan equalizer suara yang keluar dan masuk seperti pada proses rekaman
  • Berguna dalam mengelola data suara yang di input/rekaman baik secara langsung maupun dengan perangkat tambahan seperti headset, mikrofon dan sebagainya.

C. Cara Kerja Sound Card

Bagaimana cara kerja sound card? Secara garis besar terdapat tiga metode sintesis suara yang dijalan perangkat ini dalam mengemban tugasnya. Apa saja ketiga metode tersebut? Berikut jawabannya.

Frequency Modulation (FM)

Jenis sitensis suara ini paling murah namun kurang efektif. Dengan mekanisme ini suara disimulasikan dengan menggunakan sebuah algoritma tertentu sehingga tercipta gelombang sinus. Gelombang sinus yang dihasilkan memiliki karakteristik yang hampir sama dengan suara aslinya.

Wavetable

Mekanisme kerja yang satu ini, sampel suara yang telah disimpan/hasil rekaman dalam sound card. Hasil audio yang direkam atau disimpan memiliki kualitas suara sangat baik.

Physical Modeling

Bisa dibilang mekanisme satu ini cukup rumit dan merupakan tipe sintesis jenis baru. Dimana dalam hal ini suara-suara disimulasikan oleh prosedur pemrograman yang begitu kompleks. Mekanisme ini sound card akan menghasilkan suara melalui:

  • Data digital berupa data audio akan terbaca oleh harddisk lalu diteruskan ke CPU
  • Setelah itu CPU akan menetruskan data digital tersebut ke unit DSP yang ada pada sound card
  • Kemudian DPS akan mengekstrak data digital tersebut
  • Hasil ekstraksi akan menjalani proses secara real time. Proses tersebut dilakukan oleh sirkuit chip DAC. Setelah itu sinyal analog akan terbentuk dan pengguna dapat menikmati suara yang dihasilkan melalui headset ataupun speaker

Baca juga : Pengertian Input dan Output Device pada Komputer

Nah itulah pengertian sound card komputer dan fungsinya. Seperti yang djelaskan di atas bahwasnya sound card merupakan salah satu perangkat keras di komputer. Keberadaannya memiliki tugas yang begitu penting, tidak kalah dengan perangkat keras lainnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.