Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah

Sebagian dari anda mungkin tidak asing dan pernah membuat surat pernyataan belum menikah untuk bisa bekerja pada  sebuah instansi atau perusahaan. Memang ada beberapa perusahaan atau instansi yang memberlakukan syarat-syarat harus belum menikah untuk bisa menjadi pegawai di suatu perusahaan, dan secara otomatis jika anda bergabung disana, anda pun juga harus mengikuti aturannya.

Surat pernyataan belum menikah berisi keterangan bahwa si pembuat surat memang benar-benar belum menikah atau masih lajang yang ditanda tangani langsung oleh si pembuat surat. Surat penyataan yang satu ini tergolong surat non resmi yang didalmnya hanya menginformasikan biodata lengkap dari individu tersebut.

Baca juga : Contoh Surat Kesanggupan Mematuhi Peraturan Kerja

Dalam pembuatan surat penyataan belum menikah ini tidak bisa dianggap remeh meskipun termasuk surat non resmi, namun dalam pembuatannya-pun tetap harus memperhatikan syarat-syarat tertentu. Berikut pokok-pokok yang ada dalam surat penyataan belum menikah yang harus anda ketahui :

  • Kepala surat, tuliskan judul “surat pernyataan” dengan huruf kapital dan letakkan pada posisi tengah kertas
  • Identitas diri. Pada bagian ini cantumkan biodata diri secara detail yakni nama, tempat/tanggal lahir, jenis kelamin, alamat dan lainnya.
  • Isi surat, berisi pernyataan diri belum menikah atau masih lajang
  • Penutup surat
  • Tanda tangan serta dilengkapi dengan nama terang si pembuat surat
  • Lengkapi dengan materai 6000 agar lebih meyakinkan dan memiliki kekuatan hukum.
Contoh Surat Penyataan Belum Menikah

Contoh Surat Penyataan Belum Menikah

Sebenarnya ada beberapa perusahaan yang memang telah menyediakan surat pernyataan (formulir) sehingga para pelamar kerja tinggal mengisi data dan informasi diri dan tidak peru repot-repot untuk membuatnya sendiri. Namun sayangnya tidak semua perusahaan yang memiliki kualifikasi atau syarat tersebut menyediakan formulir atau surat pernyataan. Nah maka dari itulah anda tentu harus mengetahui bagaimana cara membuat surat pernyataan belum menikah. Berikut contohnya untuk anda.

CONTOH SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                              : Hendi Pradana
Tempat, Tanggal Lahir   : Surabaya, 31 Januari 1995
Jenis Kelamin                 : Laki-laki
Agama                            : Islam

Alamat                            : Jln. Merpati no 12 kota Surabaya

Dengan ini menyatakan sebenar-benarnya bahwa saya sampai saat ini masih lajang atau belum menikah dengan siapapun baik secara adat, Hukum Agama maupun Hukum Negara. Demikian surat pernyataan ini saya buat sesuai dengan keadaan yang sebenar-benarnnya dan apabila di kemudian hari nanti terdapat kesalahan atau sesuatu yang kurang sesuai dengan isi surat penyataan, maka saya siap mempertanggung jawabkan sesuai dengan undang-undang dan hukum yang berlaku

Surabaya, 1 April 2015

Yang menyatakan,

(materai, tanda tangan)

 

Hendi Pradana

Mekanisme pembuatan surat penyataan belum menikah ini sebenarnya cukup simple, anda hanya perlu membawa beberapa dokumen persyaratan lalu memberikannya kepada pihak kelurahan dan selanjtnya akan diproses. Biasanya waktu yang diperlukan untuk membuat surat ini tidak begitu lama, tergantung dari kondisi pengurus kelurahan, jikalau tidak ada hal yang mendesak maka surat anda akan langsung dikerjakan. Nah beberapa dokumen yang harus anda sipakan sebelum mengurus surat penyataan belum menikah dikelurahan yaitu :

  • Surat pengantar dari pihak RT maupun RW
  • Foto copy KTP anda
  • Foto copy KTP kedua orang tua
  • Foto copy bukti pembayaran pajak bumi maupun bangunan
  • Foto copy kartu keluarga (KK)

Berikut file dalam bentuk MS Word, jika ingin download silahkan klik pada link dibawah ini

Contoh Surat Penyataan Belum Menikah

Nah itu dia contoh surat pernyataan belum menikah yang benar, semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang sedang membutuhkan.

One Response

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.