Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Cara Kompres Mengecilkan Ukuran File PDF

Halo sobat Belajar Office, pada artikel sebelumnya admin telah membahas cara menggabungkan beberapa file pdf menjadi satu file pdf, pada atikel kali ini akan admin bagikan bagaimana cara kompres mengecilkan ukuran file pdf. Ketika sobat telah menggabungkan beberapa file pdf tentunya ukuran atau sizenya akan menjadi lebih besar, sebagai contoh misalnya menjadi 7 MB, 10 MB dst, jika file pdf yang kita satukan lebih banyak lagi maka semakin besar lagi ukuran PDF yang telah digabungkan, maka untuk mengecilkannya kita harus kompres terlebih dahulu.

Baca juga : 5 Tips Membuat Desain Sertifikat yang Menarik dan Mudah

Kompres atau mengecilkan size pdf biasnya diperlukan ketika kita akan mengupload file atau berkas pdf secara online kesuatu website atau mengirimnya melalui email dan biasanya besarnya file pdf tersebut dibatasi misanyalnya kurang dari 1 MB, maka mau tidak mau harus kita kompress terlebih dahulu, karena website tersebut akan menolak jika file yang akan kita upload melebihi dari batas yang telah ditentukan. Ok tanpa berlama-lama, langsung saja berikut cara kompres atau mengecilkan ukuran file pdf secara online, sebenarnya ada beberapa situs yang bisa kita gunakan, namun berikut situs yang pernah admin coba dan hasilnya setelah dikompress bisa lebih kecil atau kurang dari 1 MB.

Karena pada pembahasan ini dengan cara online maka tentunya sobat harus mempunyai koneksi internet untuk menggunakannya.

Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :

  • Buka browser chrome atau browser lainnya kemudian buka website pdf2go atau klik pada link berikut ini : https://www.pdf2go.com/
  • Kemudian kita klik >> All tools, kemudian pilih kilk >>  Compress PDF
buka pdfgo

buka pdf2go

  • Selanjutnya pilih file PDF yang akan kita kompres klik >> Choose File Atau bisa kita tarik drop langsung pada website tersebut letakan pada Drop Files Here
Choose file

Choose file

  • Selanjutnya tunggu prosesnya beberapa menit sampai dokument pdf yang akan kita kompres selesai terupload 100 %
  • Kemudian sobat bisa pilih metode kompresnya sesuai kebutuhan atau keinginan terdiri dari :
  1. Basic Compression untuk hasil yang tinggi atau baik, untuk file yang dihasilkan tulisan dan gambar lebih jelas akan tetapi file yang dihasilkan sizenya lebih besar dari yang metode Strong Compression. Pada percobaan yang  admin lakukan dari file sekitar 7 MBan setelah melakukan kompres hasilnya menjadi sekitar 2 MBan
  2. Strong Compression untuk hasil dengan kulitas standar atau medium, dengan hasil file sizenya setelah melakukan kompres akan lebih kecil pada contoh percobaan yang admin lakukan, dari file kurang lebih 7 MB setelah dikompres dengan metode strong compression ukuran file pdfnya menjadi kurang dari 1 MB, akan tetapi kualitas hasilnya jadi lebih pecah atau kurang jelas untuk gambar atau tulisannya.
  3. Choose a form preset jika sobat menginkan hasil kompressan file PDF yang lebih kecil lagi silahkan coba kembali dengan memilih pengaturan sendiri Choose a form preset, selanjutnya sobat pilh atau atur-atur sesuai keinginan silahkan dicoba-coba saja.
Choose Compression Metode

Choose Compression Metode

  • + Pengaturan tambahan jika sobat ingin mendapatkan hasil pdf menjadi grayscale semua maka beri tanda centang pada optional setting Additional compression: All pages in grayscale
  • Selanjutnya jika sudah diatur, kemudian klik >> Start
  • Tunggu prosesnya sampai selesai, nanti filenya akan terdownload secara otomatis, jika tidak muncul maka klik >> download.
download file

download file

  • Tunggu sampai download selesai dan kita bisa cek ukurannya file setelah dikompres akan menjadi lebih kecil dari file asli atau asalnya.

Baca juga : Cara Menyimpan File Office Word 2010 Menjadi PDF

Demikian tutorial cara kompres atau mengecilkan ukuran file PDF dengan mudah dan praktis, terimakasih semoga bermanfaat bagi yang sedang membutuhkannya.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.