Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Contoh Surat Keterangan Kerja di Perusahaan

Halo sobat Belajar Office. Tahukah anda apa yang dimaksud dengan Paklaring atau surat keterangan kerja? Perlu diketahui, paklaring merupakan bahasa Belanda serapan yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi surat keterangan kerja.

Biasanya, surat keterangan kerja ini digunakan oleh karyawan / pekerja / orang yang pernah memiliki ikatan kerja dengan sebuah badan atau perusahaan. Apa fungsinya? Surat ini digunakan sebagai bukti sah kalau orang tersebut saat ini sedang bekerja di perusahaan tertentu sesuai yang tercantum dalam surat tersebut. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa manfaat surat keterangan kerja yang sebaiknya anda ketahui.

Manfaat Surat Keterangan Kerja

  1. Menunjukkan kinerja suatu karyawan

Karyawan yang mendapat surat keterangan kerja hanyalah karyawan yang memiliki kinerja yang baik. Karyawan tersebut dirasa telah memberikan hal positif terhadap perusahaan termasuk diantaranya karyawan yang bekerja sesuai job descriptionnya dan memberikan hasil kerja yang sesuai target.

Ketika anda telah memiliki surat ini maka artinya perusahaan sudah memberikan anda bukti bahwa anda salah satu aset terbaik mereka. Hanya saja hubungan kerja antara kedua belah pihak harus berakhir karena suatu hal seperti resign (mengundurkan diri) atau PHK.

Contoh Surat Keterangan Kerja di Perusahaan

Contoh Surat Keterangan Kerja di Perusahaan

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

  1. Menjelaskan Perilaku Positif anda

Ketika seorang karyawan berprestasi dan berperilaku positif, tentunya anda patut mendapat apresiasi, diantaranya adalah dengan pemberian surat keterangan kerja ini diakhir masa jabatan anda. Perusahaan biasanya hanya memberikan surat keterangan kerja kepada karyawannya dengan syarat tertentu. Diantaranya adalah :

  • Surat pengunduran diri
  • Kelengkapan administrasi
  • Bukti penyelesaian kewajiban sesuai kontrak kerja

Isilah umumnya adalah “Jika Masuk baik-baik maka keluar juga harus baik baik” karena rasanya mustahil perusahaan menerbitkan surat keterangan kerja pada karyawan yang “bermasalah” seperti karyawan yang sering bolos, penyimpangan kerja, atau mengundurkan diri tanpa pamit.

  1. Bukti Pengalaman Kerja

Untuk melamar pekerjaan di tempat yang baru, biasanya akan ada syarat tertentu, salah satunya“ mengutamakan yang telah berpengalaman”.

Disinilah surat keterangan kerja dibutuhkan. Karena seluruh pengalaman kerja yang anda bubuhkan dalam CV (Curriculum Vitae) tidak ada artinya jika tanpa bukti.

Bagi perusahaan lama tempat anda bekerja, surat ini dapat menjadi acuan sejauh mana perusahaan itu kredibel terhadap karyawannya. Karena perusahaan besar yang kredibel pasti menerbitkan surat keterangan kerja bagi karyawannya tanpa memandang jabatan.

  1. Tunjangan Sosial

Jika suatu saat anda memutuskan untuk berhenti bekerja, maka surat keterangan kerja ini dapat digunakan untuk bukti sah yang ditujukan kepada lembaga ketenagakerjaan sebagai syarat administrasi mendaftar program jaminan hari tua (JHT). Selain itu, surat keterangan kerja ini dapat digunakan dalam kepentingan pendidikan seperti meneruskan pendidikan maupun beasiswa.

Baca juga : Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja di Luar Negeri

Nah, untuk anda yang masih bingung bagaimana membuatnya, berikut kami bagikan contoh surat keterangan kerja di perusahaan yang bisa anda tiru.

SURAT KETERANGAN KERJA

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama               : Edi Subarkah

Jabatan            : HRD PT. BELAJAR OFFICE

Alamat             : Jalan Merdeka Barat No 31 Malang

Bersama dengan surat ini menyatakan bahwa :

Nama               : Rahmad Rizwan

Jenis Kelamin  : Laki – laki

Jabatan            : Staff …….

Alamat            : Jalan Garuda No 12 Malang

Merupakan karyawan yang bekerja dengan baik pada perusahaan PT. BELAJAR OFFICE terhitung sejak tanggal 01 Maret 2012 hingga saat ini. berkelakuan sesuai peraturan yang berlaku serta berkontribusi penuh pada perusahaan.

Demikian surat keterangan kerja ini ditandatangani untuk digunakan sesuai kebutuhan dan sebagaimana mestnya. Atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

Malang, 10 Juli 2018

Edi Subarkah

HRD PT. BELAJAR OFFICE

Berikut file dalam bentuk MS Word, jika ingin download silahkan klik pada link dibawah ini

Contoh Surat Keterangan Kerja di Perusahaan

Nah, itulah diatas ulasan lengkap mengenai contoh surat keterangan  kerja di perusahaan dan juga manfaat surat tersebut. Terimakasih Semoga bermanfaat.

One Response

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.