Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

7 Tips Merawat dan Mempercepat Kerja Laptop

Hai sobat Belajar Office – Pada artikel ini admin akan berbagi 7 Tips Merawat dan Mempercepat Kerja Laptop. Laptop dijadikan pilihan banyak orang di era yang serba cepat seperti sekarang. Hal ini karena laptop sendiri memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan desktop komputer. Terutama dalam segi mobilitasnya.

Laptop mudah dibawa ke mana sana, bisa digunakan kapan saja, dan juga bisa dipakai untuk beragam kebutuhan. Tidak heran jika kini kita bisa melihat laptop di berbagai tempat dan banyak digunakan orang.

Hanya saja, laptop bisa dibilang lebih mahal dari desktop. Harga laptop dengan spesifikasi yang sama dengan desktop akan lebih mahal. Hal ini karena beragam keunggulan yang disebutkan tadi.

Baca juga : Tips Memilih Laptop untuk Pekerjaan Kantoran

Harga yang lebih tinggi tersebut membuat kita perlu menjadikan laptop sebagai sebuah aset yang harus dijaga. Agar usia penggunaan laptop bisa menjadi lebih panjang dari pada biasanya.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips merawat dan mempercepat kerja laptop. Sehingga kita bisa menggunakan laptop secara maksimal untuk berbagai keperluan kita.

1. Bersihkan layar dengan telaten

Layar laptop adalah bagian yang paling ringkih dan berisiko, sehingga bisa retak atau rusak dengan mudah. Karenanya hanya bersihkan layar dengan larutan atau cairan yang khusus dibuat untuk layar. Jangan sentuh layar dengan pulpen atau benda tajam lain yang bisa menggores permukaan layar.

Tips Merawat dan Mempercepat Kerja Laptop

Tips Merawat dan Mempercepat Kerja Laptop

2. Selalu tutup laptop saat tidak digunakan

Sebaiknya, saat sedang tidak digunakan, laptop harus ditutup. Hal ini untuk mengurangi risiko terpaparnya bagian dalam laptop dari kotoran. Debu yang menempel di permukaan keyboard atau layar bisa mengurangi fungsi laptop. Apalagi jika laptop ketumpahan cairan.

3. Jangan simpan di atas permukaan penyimpan panas

Laptop bisa menghasilkan panas yang berlebih dibandingkan dengan desktop. Karenanya, sebisa mungkin jangan simpan laptop di atas permukaan yang menyimpan panas. Misalnya selimut, bantal, guling, atau kain lainnya. Usahakan untuk menyimpannya di atas permukaan keras seperti kaca, besi, atau kayu.

4. Perhatikan tempat penyimpanan laptop

Tidak hanya bahan permukaan menyimpan laptop saja, kita juga perlu memperhatikan kebersihan dari tempat menyimpan laptop. Jangan simpan laptop di meja yang permukaannya basah, lengket, berbau, atau bahkan berminyak. Hal ini bisa merusak permukaan laptop, bahkan hingga merusak performa di dalam laptop itu sendiri.

5. Gunakan antivirus yang tepat

Bukan hanya bagian luar laptop yang perlu dijaga, untuk membuat laptop lebih baik performanya, kita perlu memasang anti-virus yang baik. Anti-virus sebaiknya berfungsi dan juga dibeli secara legal. Dengan begitu, kita tidak perlu meragukan lagi performa laptop.

Baca juga : Pengertian Virus Komputer dan Cara Mencegahnya

6. Simpan data dengan rapi dan teratur

Laptop memiliki kapasitas yang terbatas. Untuk itu, kita perlu memilah mana file atau data yang penting untuk disimpan, dan mana yang tidak. Jika kita perlu menyimpannya, simpan data dengan rapi dan teratur. Jangan disimpan sembarangan dan berantakan. Hal ini guna mengurangi file atau data yang terduplikasi (memiliki file yang sama lebih dari satu). Semakin banyak data yang terduplikasi, maka semakin lambat juga performa laptop kita.

Isi baterai laptop dengan benar

Isi baterai laptop dengan benar

7. Isi baterai dengan benar

Jangan sampai mengisi baterai laptop dengan salah. Gunakan laptop dengan baik, jangan sampai menggunakan laptop sampai baterai drop. Hal ini bisa merusak performa baterai laptop. Usahakan untuk mengisi baterai laptop saat daya baterai berada di kisaran 20%. Tidak hanya itu, jika baterai sudah penuh, jangan terus sambungkan pengisian baterai. Cabut charger agar baterai tidak jadi oversupply power yang bisa mengakibatkan usia penggunaan baterai laptop menjadi berkurang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.