Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Pengertian Bios Fungsi Cara Kerja dan Jenisnya

Hai sobat Belajar Office – Kali ini, kita akan membahas tentang pengertian bios fungsi cara kerja dan jenisnya yang digunakan pada komputer. Perlu diketahui, BIOS merupakan singkatan dari Basic Input-Output System, yaitu software pada komputer yang berguna untuk mengatur fungsi dasar hardware komputer. Lokasi BIOS ada pada chip memory yang ada di motherboard dan tertanam di sana.

Dari waktu ke waktu, BIOS mengalami sejarah dan perkembangan yang cukup panjang dan masih digunakan hingga saat ini. Itulah sebabnya ada berbagai macam jenis BIOS yang tersedia dan bisa digunakan. Dalam bahasa Yunani, BIOS memiliki arti kehidupan, jadi bisa diartikan juga bahwa BIOS merupakan kehidupan bagi komputer.

A. Fungsi, Cara Kerja, dan Jenis-jenis BIOS

Fungsi BIOS adalah memberikan instruksi/perintah yang disebut POST (Power On Self Test) untuk identifikasi dan inisiasi perangkat komputer saat booting. Perangkat itu meliputi RAM, CPU, VGA Card, hard disk drive, mouse, dan keyboard, optical drive (CD/DVD), juga hardware lainnya.

Dalam menjalankan fungsinya, BIOS dibantu oleh baterai CMOS yang berfungsi untuk menjaga agar setting tanggal dan lainnya tidak hilang ketika komputer dimatikan.

Pengertian Bios Fungsi Cara Kerja dan Jenisnya

Pengertian Bios Fungsi Cara Kerja dan Jenisnya

Mula-mula, BIOS bekerja dengan proses inisiasi untuk melihat jumlah memori yang di-install, jenis hard disk, kapasitasnya, dan lain-lain. Lalu, akan tampil informasi dari graphic card, mengecek device ROM lainnya, dan melakukan tes RAM (Memory Count Test). Selanjutnya, BIOS akan mencari lokasi booting device dan sistem operasi setelah semua tes berhasil dilakukan.

Baca juga : Pengertian Sound Card Komputer dan Fungsinya

Selanjutnya, di bawah ini akan dijelaskan tentang beberapa jenis BIOS yang masih digunakan hingga saat ini.

  • IBM BIOS

Jenis IMB BIOS terdiri dari versi 1 sebesar 544 kb, versi 2 dengan fitur tambahan bug fix dan versi 3 sebesar 640 kb. Versi 3 merupakan yang paling mutakhir dan juga bisa melakukan pemindahan blok memori dengan mudah.

  • Phoenix BIOS

Phoenix BIOS memiliki kelebihan dapat mengaktifkan keamanan hingga konektivitas pada komponen komputer. Jenis BIOS yang satu ini cukup populer dan banyak digunakan di Indonesia.

  • AWARD BIOS

Pada BIOS yang satu ini, terdapat program yang sistem dasarnya bisa dimodifikasi oleh pengguna. Selain itu, AWARD BIOS juga menyimpan informasi set up pada CMOS RAM.

  • AMI BIOS

Jenis BIOS yang satu ini juga cukup populer dan banyak diminati karena penggunaannya terbilang mudah. Untuk masuk dan mengakses BIOS, kita hanya perlu menekan tombol “Delete”.

B. Contoh Soal Seputar BIOS pada Komputer

Berikut ini beberapa contoh soal yang bisa Anda kerjakan seputar pengertian bios fungsi cara kerja dan jenisnya.

1. Berikut ini beberapa trouble shooting yang bisa dilakukan oleh BIOS, kecuali ….

  1. Jika komputer mati total, bisa dilakukan reset BIOS komputer.
  2. Untuk melakukan instalasi Windows, lakukan pengaturan first boot.
  3. Mengoptimalkan kinerja komputer yang disebut
  4. Menentukan sistem operasi yang paling tepat untuk di-

Jawaban : D

2. Jelaskan urutan cara mengganti tanggal pada BIOS, yaitu ….

  1. Restart komputer – tekan ESC (masuk BIOS) – tekan F10 – pilih Main – pilih system time untuk mengganti waktu dan system date untuk mengganti tanggal
  2. Restart komputer – tekan ESC (masuk BIOS) – tekan F11 – pilih Main – pilih system time untuk mengganti waktu dan system date untuk mengganti tanggal
  3. Restart komputer – tekan ESC (masuk BIOS) – tekan F9 – pilih Main – pilih system time untuk mengganti waktu dan system date untuk mengganti tanggal
  4. Restart komputer – tekan ESC (masuk BIOS) – tekan F12 – pilih Main – pilih system time untuk mengganti waktu dan system date untuk mengganti tanggal

Jawaban : A

3. Berikut ini jenis-jenis BIOS yang masih digunakan hingga saat ini, kecuali ….

  1. IBM BIOS
  2. PHOENIX BIOS
  3. IMA BIOS
  4. AWARD BIOS

Jawaban : C

4. Saat pertama kali melakukan instalasi Windows 8, first booting BIOS mengarah ke ….

  1. RAM
  2. CPU
  3. Flash disc
  4. CDROM

Jawaban : D

5. Tombol untuk menyimpan hasil perubahan pada BIOS adalah ….

  1. F9
  2. F10
  3. F11
  4. F12

Jawaban : B

Baca juga : Pengertian VGA pada Komputer, Fungsi dan Jenisnya

Demikian penjelasan tentang pengertian bios fungsi cara kerja dan jenisnya, juga beberapa contoh soal seputar BIOS. Semoga membantu karena BIOS memang sangat penting dan memiliki banyak fungsi pada perangkat komputer yang Anda gunakan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.