Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Pengertian RAM Komputer Fungsi dan Jenisnya

Hai sobat Belajar Office – Meski tidak asing di telinga, ternyata masih banyak orang yang belum tahu pengertian RAM komputer fungsi dan jenisnya. Seperti yang diketahui sebuah komputer memiliki suatu sistem khusus yang digunakan untuk mempercepat proses kerjanya. Sistem khusus tersebut sering dikenal dengan istilah RAM atau Random Access Memori.

Umumnya proses kerja yang dilakukan dalam  sebuah komputer seperti membuka data, membuka aplikasi, bermain game, membuat video dan masih banyak lagi.  Dengan adanya alat yang bernama RAM tersebut Anda bisa menikmati akses komputer dengan baik tanpa mengalami loading data. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut  pengertian, fungsi, dan jenis RAM simak ulasan berikut ini.

Mengenal tentang Pengertian RAM Komputer Beserta Fungsinya

A. Pengertian RAM

Pembahasan tentang pengertian RAM komputer fungsi dan jenisnya memang menjadi topik yang cukup menarik untuk dibicarakan. Pasalnya, banyak orang yang masih belum jelas tentang fungsi dan juga jenis dari alat yang bernama RAM ini. Secara umum RAM diartikan sebuah tempat penyimpanan data atau memori sementara saat komputer dinyalakan atau bekerja.

Pengertian RAM Komputer, fungsi dan jenisnya

Pengertian RAM Komputer, fungsi dan jenisnya

Jika dilihat dari bentuknya, RAM memiliki bentuk seperti rangkaian elektronik yang hampir menyerupai chip. Karena ada banyak sekali jenis RAM yang bisa dijumpai, maka ketika memasangnya Anda perlu memastikan jenis RAM yang digunakan benar-benar sesuai. Selain itu, cara memasangnya harus tepat pada bagian motherboard-nya agar bisa berjalan sesuai dengan fungsinya.

Baca juga : Pengertian dan Perbedaan RAM dengan Hard Disk

B. Fungsi RAM

Perlu diketahui, pada suatu perangkat baik komputer, laptop maupun hp fungsi RAM bisa dikatakan sangatlah penting. Jika melihat dari pengertian di atas, fungsi RAM sendiri yaitu untuk mempercepat proses kerja yang dilakukan oleh perangkat komputer. Sehingga RAM yang besar akan lebih cepat memproses datanya dan sistem kerja yang dilakukan oleh komputer juga akan semakin cepat.

Salah satu faktor yang menyebabkan RAM berjalan cepat yaitu karena di dalamnya terdapat ruang penyimpanan sementara. Dengan adanya ruang penyimpanan tersebut Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan data-data penting yang dimiliki. Tentu saja hal tersebut akan semakin mempercepat pemrosesan data dan pengaksesan aplikasi yang ada di dalam komputer.

C. Ketahui Jenis-Jenis RAM yang Terdapat di Pasaran

1. DRAM (Dynamic Random Access Memory)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ada banyak sekali jenis RAM yang tersedia, salah satunya adalah DRAM atau Dynamic Random Access Memory. Untuk jenis RAM yang pertama ini merupakan memori semi konduktor yang dalam proses kerjanya membutuhkan kapasitor. Kecepatan yang dimiliki oleh RAM jenis ini lebih tinggi dibandingkan dengan EDO RAM namun lebih rendah dari SRAM.

2. SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory)

Untuk jenis yang kedua ini yaitu RAM SDRAM yang memiliki kecepatan cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis-jenis lainnya. Umumnya untuk RAM jenis ini seringkali dipakai pada tahun 1996-2003. Ciri utama RAM SDRAM yaitu terdapat dua celah yang terdapat di bagian kakinya. Perlu diketahui, slot SDRAM yang ada di motherboard mampu menampung memori mulai 16MB-1GB.

3. RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)

Jenis RDRAM ini sudah diperkenalkan sejak tahun 1995 yang mana memiliki kecepatan sebesar 600 Mbytes/sec. Pada tahun 1997, kecepatan yang dimiliki oleh RAM jenis ini mengalami peningkatan yakni 700 MBPs. Awal pengembangan RAM jenis ini yaitu pada prosesor Pentium 4 atau untuk keperluan gaming. Untuk slot memori pada RDRAM yaitu 184 pin.

4. SRAM (Static Random Access Memory)

Jenis RAM yang terakhir ini terbuat dari semacam semi konduktor yang tidak membutuhkan kapasitor. Jadi RAM ini tidak memerlukan penyegaran secara berkala sehingga kinerjanya jauh lebih cepat. Desain dari RAM SRAM yaitu menggunakan desain cluster enam transistor yang dipakai untuk menyimpan setiap bit informasi yang didapatkan. Harga dari RAM jenis ini terbilang masih cukup mahal.

Selain keempat jenis RAM yang sudah disebutkan di atas, masih ada jenis lainnya yakni EDORAM, FPM DRAM, FLASH RAM, VGRAM, DDR SDRAM, dan SO-DIMM. Perlu diketahui masing-masing jenis RAM di atas memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Oleh karena itu pastikan untuk memilih RAM yang tepat sesuai dengan kebutuhan komputer Anda.

Baca juga : Pengertian VGA pada Komputer, Fungsi dan Jenisnya

Itulah informasi seputar pengertian komputer fungsi dan jenisnya. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa memberikan sedikit gambaran untuk Anda yang ingin membeli komputer.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.