Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Macam-Macam OS pada Komputer

Hai sobat Belajar Office – Anda yang sering bekerja menggunakan komputer tentu sudah mengenal operating system (OS), tetapi sudah tahukah Anda apa pengertian OS dan apa saja macam-macam OS pada komputer? Hal ini sangat penting karena tanpa OS ini, komputer tidak bisa Anda gunakan.

Operating system atau sistem operasi komputer adalah software yang dipasang dalam sebuah hard drive komputer sehingga perangkat keras komputer bisa berkomunikasi dan  bekerja dengan software yang ada. Sampai sekarang, setidaknya ada 10 macam OS yang akan diulas secara singkat berikut ini.

A. Sejarah Singkat Sistem Operasi Komputer

Tahun 1950-an tercatat sebagai tahun awal mula dikembangkannya sistem operasi komputer oleh General Motor Research Laboratories. Sistem operasi yang dinamakan GM-NAA I/O tersebut diaplikasikan pada komputer IBM 701.

Kira-kira satu dekade kemudian, OS sudah menggunakan disk. Pada periode ini pula, sistem operasi Unix versi pertama berhasil dikembangkan. Selanjutnya, pada tahun 1980, lahirlah DOS yang merupakan OS pertama yang berhasil dibuat oleh Windows, sebelum dikenalnya Windows yang dikembangkan pada tahun 1985.

Baca juga : Pengertian Software Komputer Contoh Software dan Fungsinya

B. Macam-Macam Sistem Operasi Komputer

Bagi orang kebanyakan, mungkin hanya sistem operasi Windows yang paling dikenal. Padahal, ada banyak jenis OS komputer yang sudah berhasil dikembangkan hingga saat ini. Berikut ulasan singkat mengenai beberapa macam OS pada komputer yang perlu diketahui.

  1. MS-DOS

Sistem operasi ini biasa digunakan pada komputer IBM-PC. Dari MS-DOS inilah nantinya lahir Microsoft Windows yang sangat populer sampai sekarang.

Pertama kali dikembangkan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tahun 1981, OS ini bersifat single-tasking  dengan menggunakan modus text and command line. Pada tahun 2000, Microsoft secara resmi menghentikan penggunaan MS-DOS.

Macam-Macam OS pada Komputer

Macam-Macam OS pada Komputer

  1. Microsoft Windows

Siapa tak kenal OS yang satu ini? Sistem operasi ini dikembangkan oleh Microsoft dengan berbasis pada penggunaan graphical users interface (grafik antarmuka). Untuk menyesuaikan dengan kebutuhan penggunaan komputer, Microsoft Windows terus diperbarui dari tahun ke tahun dengan versi yang makin lengkap dan canggih.

  1. UNIX

Pada tahun 1965, sebuah proyek yang disebut Multiplexed Information and Computing Service (Multics) berhasil mengembangkan OS Unix, yang kemudian dikembangkan lagi pada tahun 1973. Perusahaan AT and T Bell Laboratories kemudian meluncurkan versi komersial dan OS ini diberi nama UNIX System V.

Interface UNIX pun mengalami pengembangan, dari semula berupa command line interface menjadi graphical users interface sehingga penggunaannya menjadi jauh lebih mudah. Sistem operasi ini digunakan untuk mengoperasikan jaringan komputer.

  1. LINUX

Salah satu dari macam-macam OS pada komputer yang cukup populer adalah LINUX. Merupakan hasil pengembangan dari UNIX, sistem operasi LINUX lahir dari tangan seorang mahasiswa di Finlandia pada tahun 1991. Sistem operasi ini biasa digunakan untuk jaringan komputer serta pengembangan software.

Selain harganya lebih murah daripada OS lainnya, LINUX memiliki keunggulan lain yaitu bersifat oper source. Artinya, Anda sebagai pengguna bisa mengembangkan dan menggandakan OS ini dengan lisensi resmi.

  1. Mac OS

Tak mau kalah dari Microsoft, Apple pun meluncurkan sistem operasi sendiri yang disebut Macintosh Operating System atau Mac OS pada tahun 1984. Sistem operasi ini dibuat dengan tujuan untuk digunakan khusus pada perangkat keras produksi Apple sendiri. Keunikan dari OS ini adalah tidak adanya command line seperti OS lainnya.

  1. Chrome OS

Google Inc. pun rupanya tertarik untuk mengembangkan OS sendiri. Berbasis pada LINUX, perusahaan tersebut pada tahun 2010 akhirnya merilis Chrome OS yang cara kerjanya mengandalkan aplikasi web dari OS tersebut. Chrome OS sudah terintegrasi dengan layanan Google lain, seperti Google Drive, Google Docs, dan lainnya.

  1. Amiga OS

Nama ini mungkin terdengar asing, meskipun sebetulnya umur OS ini sudah cukup tua. Diperkenalkan pada tahun 1984 oleh Commodore International, Amiga OS sangat mendukung aktivitas multimedia. Namun, OS ini hanya bisa digunakan pada perangkat keras keluaran Amiga.

  1. AIX

Advanced Interactive Executive (AIX) juga dikembangkan oleh IBM dengan berbasis pada OS UNIX. Ketika baru dirilis pada tahun 1986, OS ini digunakan sebagai workstation pada perangkat yang menggunakan CPU dengan jenis RISC.

  1. Be OS

Pada mulanya, OS ini dirancang untuk beroperasi di mesin BeBox. Penggunaannya sangat terbatas, yakni hanya dapat dioperasikan pada program yang memang dirancang untuk Be OS. Selanjutnya, OS gratis ini mengalami pengembangan dan modifikasi sehingga bisa digunakan pada prosesor berbasis Power PC.

  1. Sun Solaris

Pada tahun1992, Sun MicroSystem merilis OS yang merupakan hasil pengembangan dari UNIX. Pada tahun 2010, terjadi akuisisi perusahaan Sun MicroSystem oleh Oracle Corporation sehingga OS nya pun berganti nama menjadi Oracle Solaris.

Baca juga : Pengertian Bios Fungsi Cara Kerja dan Jenisnya

Itulah macam-macam OS pada komputer yang pernah dikembangkan dan dirilis hingga saat ini. Apa pun jenisnya, tugas utama OS adalah untuk memastikan seluruh data dan sumber daya yang ada di dalamnya menjadi teratur sehingga mudah digunakan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.