Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Pengertian Server Fungsi Manfaat dan Jenisnya

Halo sobat Belajar Office – Pengertian server fungsi manfaat dan jenisnya merupakan pengetahuan yang termasuk dalam ilmu tentang sistem komputer dan salah satu hal terpenting yang perlu diketahui. Server merupakan tempat penyimpanan informasi atau data pada suatu sistem komputer. Tidak hanya itu, server juga memberikan pelayanan hingga mengontrol akses yang dilakukan oleh setiap klien.

Umumnya, server menghubungkan unit-unit komputer yang terdapat pada sebuah jaringan komputer. Jadi, sifatnya sangat spesifik. Untuk dapat digunakan, suatu server harus didukung oleh sistem operasi jaringan. Dengan adanya server ini maka setiap klien dapat terhubung untuk membagikan atau mendapatkan data yang sama.

A. Fungsi Server

Secara umum, server melayani dan menyediakan informasi atau data yang dibutuhkan oleh setiap klien yang mengakses dalam jaringan komputer tersebut. Berbagai fungsi server antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Pusat Data

Sebagai bagian penting yang harus ada pada sebuah jaringan komputer, fungsi utama server adalah sebagai penyedia data bagi klien yang mengakses jaringan tersebut. Komputer klien yang telah terhubung dengan komputer server akan mendapatkan data yang sama, di mana data atau informasi tersebut dikelola dan diatur oleh komputer server.

Pengertian Server Fungsi Manfaat Dan Jenisnya

Pengertian Server Fungsi Manfaat Dan Jenisnya

  1. Pusat Jaringan Komputer

Komputer yang menjadi server dapat mengatur segala informasi dan data yang dibutuhkan oleh setiap klien. Sebagai pusat jaringan komputer, maka server dapat menerima dan mengirimkan data atau informasi yang dibutuhkan.

Baca juga : Pengertian Internet, Sejarah dan Manfaatnya

  1. Pusat Aplikasi atau Menu

Server yang berfungsi sebagai pusat jaringan komputer secara otomatis juga berfungsi sebagai pusat aplikasi atau menu. Semua menu yang diatur di server akan dapat diakses oleh setiap klien dari berbagai tempat dengan syarat klien tersebut terhubung dalam satu sistem jaringan server.

  1. Pusat Lalu Lintas Data

Keberadaan server sebagai pusat jaringan komputer juga berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data yang masuk ataupun keluar. Dengan adanya fungsi ini, komputer klien dapat tetap terhubung ke internet melalui jaringan server proxy.

  1. Pengatur Hak Akses

Pada suatu sistem jaringan, komputer server dapat mengatur hak akses atas informasi atau data yang dibutuhkan klien. Selain itu, server juga dapat membatasi klien yang dapat mengakses data yang ada di komputer server. Adanya fungsi ini membuat data atau informasi dapat tersimpan dengan aman pada komputer server.

B. Manfaat Server

Tidak hanya fungsinya sebagai pusat dari sistem jaringan komputer saja yang membuat keberadaan server menjadi sangat penting. Server juga memiliki manfaat dengan adanya fungsi tersebut. Berikut manfaat server yang perlu diketahui.

  • Memudahkan pembagian informasi atau data pada setiap komputer klien yang terhubung dalam suatu sistem jaringan. Hal tersebut sangat penting karena dapat mengefisiensikan waktu kerja.
  • Membantu menghemat pengeluaran perusahan karena setiap personil tidak perlu lagi diberi fasilitas yang detail terkait pencetakan dokumen, Jadi, ketika komputer klien telah masuk ke dalam jaringan server, cukup komputer tersebut yang mencetak dokumen.

C. Jenis Sever

Pada pembahasan terakhir mengenai pengertian server fungsi manfaat dan jenisnya, kita akan  mengenal beberapa jenis server yang banyak digunakan. Berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Web Server: merupakan server yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi atau data dari sebuah website. Dengan cara komunikasi yang menggunakan sistem HTTP (Hypertext Transfer Protocol), informasi yang diterima atau dikirim dalam bentuk coding. Web server membuat data yang berupa coding dapat diterjemahkan sehingga menghasilkan informasi yang dapat dipahami.
  2. Proxy Server: merupakan suatu sistem jaringan komputer yang mengatur lalu lintas data atau informasi. Adanya server ini memberikan dampak positif terhadap pengguna. Hal ini karena informasi sandi dapat terjaga keamanannya. Tidak hanya itu, IP address pengguna juga dapat dilindungi dari virus atau malware.
  3. FTP Server (file transfer protocol): merupakan aturan yang berlaku di internet yang fungsinya adalah untuk menarik akses informasi atau data server dalam satu jaringan bersama.
  4. Mail Server: merupakan salah satu jenis server yang dapat menyimpan berbagai jenis email serta menangani permintaan dari seorang klien. Keberadaan server ini memungkinkan pengguna dapt saling mengirim pesan melalui komputer.

Baca juga : Pengertian dan perbedaan LAN, MAN dan WAN

Itulah tadi informasi tentang pengertian server fungsi manfaat dan jenisnya yang dapat menambah pengetahun mengenai sistem jaringan komputer. Untuk memudahkan pekerjaan di kantor maka sebaiknya pengelolaan data dapat dilakukan melalui komputer server yang terhubung ke setiap klien.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.